Kelebihan dan kekurangan Motor Sistem Injeksi - Seperti
yang kita ketahui bahwa sebenarnya sistem injeksi sudah di aplikasikan
sejak lama dalam dunia otomotif khususnya mobil. Seiring dengan
perkembangan dunia otomotif dunia kini sudah banyak sepeda motor yang
mengaplikasi teknologi ini.
Di Indonesia motor injeksi mulai dikenalkan pada sekitar tahun
2005. Namun respon konsumen akan motor injeksi masih kurang karena
masyarakat lebih senang membeli motor dengan sistem karburator karena
jika terjadi kerusakan lebih mudah diperbaiki sendiri. Pada awal tahun
lalu progres penjualan motor injeksi sudah meningkat dan semakin banyak
produsen motor yang memproduksi motor dengan menggunakan sistem Injeksi
pada tahun 2012 ini.
Honda dan Yamaha bersaing ketat dalam urusan motor injeksi ini.
Seperti yang kita ketahui bersama pada awal tahun ini dua produsen motor
itu berlomba-lomba menarik hati konsumen dengan mengeluarkan
motor-motor ber teknologi injeksi mulai dari motor bebek, matic hingga
motor sport. Sebenarnya apasih Kelebihan dan Kekurangan motor sistem Injeksi ini ?
Berikut kami memberikan informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan motor sistem Injeksi :
Kelebihan Motor Injeksi
1. Campuran udara dan bensin selalu akurat (perbandingan ideal) pada semua tingkat putaran mesin.
Pada motor injeksi, volume penyemprotan bensin selalu akurat karena
dikontrol oleh ECU sesuai dengan masukan sensor-sensor yang bertebaran
di sekujur mesin. Seperti sensor rpm, jumlah udara masuk, posisi katup
gas hingga kondisi cuaca di sekitar mesin.
Bahkan pada kondisi pengendaraan tertentu seperti percepatan,
deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol perbandingan bensin
dan udara tetap ideal. Kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri
yaitu mengurangi emisi gas buang dan lebih hemat pemakaian bensin.
2. Hemat bahan bakar
Campuran udara dan bahan bakar di mesin injeksi yang selalu akurat,
membuat penggunana bahan bakar menjadi lebih efisien alias hemat.
3. Tarikan lebih responsif
Pada tipe karburator, antara pengabut bensin (spuyer) dengan
silinder jaraknya agak jauh. Selain itu, perbedaan bobot berat jenis
antara bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak
imbang dengan jumlah bensin yang dihisap. Sehingga tarikan menjadi
kurang responsif.
Sedangkan motor injeksi menempatkan pengabut bensin (injektor)
dekat silinder. Saluran bensin yang menuju injektor bertekanan antara
2,5 s/d 3,0 kg/cm2 lebih tinggi dari tekanan intake manifold. Berhubung
diameter mulut injektor sangat kecil, ketika sinyal listrik dari ECU
mengaktifkan injektor maka bensin yang menyembur berbentuk kabut.
Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang
homogen serta perbandingan yang ideal. Dibantu mutu api yang bagus akan
menghasilkan pembakaran sempurna. Hasilnya tarikan lebih responsif
sesuai perubahan katup gas.
4. Mesin mudah dihidupkan tanpa dipengaruhi perubahan kondisi cuaca
Pada temperatur rendah (dingin), menghidupkan mesin berkarburator
dibutuhkan campuran lebih gemuk dengan menarik cuk. Cara manual ini tak
lagi diperlukan pada motor injeksi karena sudah dilengkapi sensor
temperatur mesin serta sensor temperatur udara masuk. Saat menghidupkan
mesin (starting) dan kondisi dingin, secara otomatis jumlah semprotan
bensin ditambah. Sehingga mesin mudah dihidupkan dalam kondisi apapun
dan tidak terpengaruh kondisi cuaca.
5. Perawatan mudah
Jika karbu ketika dibersihkan harus dibongkar sehingga membutuhkan
waktu lama, belum lagi resiko karena sering dibongkar sehingga beberapa
komponen jadi rentan aus,terutama skep pelampung. sedang untuk tipe
motor yang menggunakan injeksi rentan waktu perawatan lebih lama, cukup
10-15 ribu kilometer sekali, itu pun cukup di semprotkan injector
cleaner. bahkan jika kualitas bengsin yang digunakan bagus, sebenarnya
injeksi tidak perlu diapa-apakan lagi. karena selain steril, juga telah
dibackup dengan filter halus sebelum masuk ke injector biar lebih aman.
6. Ramah lingkungan
Karena terjadi pembakaran sempurna pada ruang bakar, sehingga emisi
gas buang yang di hasilkan relatif lebih sedikit apalagi knalpot
dilengkapi catalic converter. Di knalpot motor injeksi biasanya di
lengkapi catalytics converter (CC), sistem ini akan merubah zat
zat hasil pembakaran yang berbahaya menjadi zat yang lebih ramah
ligkungan atau dengan menggunakan sistem sensor O2.
Tidak memerlukan cuk lagi. Karena pada motor injeksi ada sensor
temperatur yang akan melaporkan suhu mesin ke ECM yang akan
memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin pada suhu mesin
dingin.7. Daya lebih besar
Karena konstruksi nosel/injektor tepat pada intake manifold sehingga campuran bahan bakar lebih homogen.8. Waktu servis lebih cepat.
Karena fuel injection tehnologi berkonsep bebas perawatan, sehingga pada saat servis motor yang di bersihkan cuma pada bagian filter udara, busi dan setel klep.
Karena konstruksi nosel/injektor tepat pada intake manifold sehingga campuran bahan bakar lebih homogen.8. Waktu servis lebih cepat.
Karena fuel injection tehnologi berkonsep bebas perawatan, sehingga pada saat servis motor yang di bersihkan cuma pada bagian filter udara, busi dan setel klep.
Kekurangan Motor Injeksi
1. Perawatan Harus di Bengkel Khusus
Karena motor injeksi tidak bisa di utak atik secara sembarangan,
maka perawatan atau perbaikan harus di lakukan pada bengkel resmi.
2. Modifikasi lebih mahal
Bagi anda yang suka modifikasi motor, anda harus mengeluarkan dana lebih jika ingin memodifikasi motor injeksi.
3. Harga sparepart lebih mahal
Sparepart atau sukucadang motor injeksi terbilang cukup mahal.
Motor injeksi juga butuh alternator atau pembangkit listrik lebih besar.
4. Lebih sensitif soal kelistrikan
Kerusakan kecil pada kelistrikan dapat mengakibatkan motor mati.
5. Sensitif terhadap kualitas bahan bakar
Karena mulut injektor sangat kecil sehingga sangat sensitif
terhadap kualitas bahan bakar. Oleh karena itu disarankan menggunakan
pertamax sebagai bahan bakar motor injeksi. Selain itu, kerja catalytics converter juga di pengaruhi kadar timbal dalam bahan bakar.
Semoga informasi mengenai Kelebihan dan kekurangan Motor sistem Injeksi ini dapat bermanfaat bagi anda.
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete