SolusiMobil.com - Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing
with intelligence) adalah mesin berteknologi variable valve timing yang
dikembangkan oleh Toyota.
VVT-i menggantikan teknologi
VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991 di mesin Toyota 4A-GE
5 silinder. Mesin yang sudah dipakai di sebagian besar mobil Toyota ini
diklaim membuat mesin semakin efisien dan bertenaga, ramah lingkungan
serta hemat bahan bakar.
Namun banyak sebagian orang yang belum
mengerti atau mengetahui cara kerja dari mesin ini. Tapi tidak usah
khawatir, karena Bang Sobil akan mencoba mengupas bagaimana cara kerja
dari mesin ini.
Cara kerja dari mesin ini cukup sederhana, dimana
untuk dapat menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang
optimal, ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan dengan kecepatan
mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperatur
air. Agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft
atau crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi.
Uniknya,
sistem VVT-i ini akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar
masuk bahan bakar dan udara yang disesuaikan dengan pijakan pedal gas.
Teknologi
VVT-i merupakan terknologi yang mengatur sistem kerja katup pemasukan
bahan bakar (inteks) secara elektronik baik dalam hal waktu maupun
ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga
menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah
lingkungan.
Demikian informasi singkat mengenai cara kerja dari mesin berteknologi VVT-i. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda
No comments:
Post a Comment